Bidang Keuangan

(1)  Bidang Keuangan mempunyai tugas sebagai berikut :       

a.  Melaksanakan administrasi di Bidang Keuangan;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Bidang Keuangan;

c.  Melaksanakan pembinaan organisasi dan tata laksana Seksi Anggaran, Seksi Pembukuan, Seksi Kas dan Seksi Rekening;

d.  Melaksanakan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Seksi Anggaran, Seksi Pembukuan, Seksi Kas dan Seksi Rekening;

e.  Mengkoordinir, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan Seksi Anggaran, Seksi Pembukuan, Seksi Kas dan Seksi Rekening;

f.   Melakukan kajian dan mengusulkan pola kerjasama dilingkungan bidang Keuangan dengan pihak ketiga kepada Direksi Perumda Air Minum Kota Surakarta;

g.  Mengkoordinir penyusunan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) serta perencanaan keuangan baik jangka pendek, menengah, jangka panjang  dan perubahannya;

h.  Mengendalikan sumber-sumber pendapatan dan pembiayaan perusahaan;

i    Menyusun laporan keuangan tahunan perusahaan;

j.   Mempersiapkan dan melaksanakan pajak perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

k.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Bidang Keuangan;

l.   Menyusun dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

m. Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Bidang Keuangan;

n.  Menyampaikan laporan bulanan Bidang Keuangan kepada Direktur Umum;

o.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Bidang terkait untuk kelancaran tugas.

(2)  Seksi Anggaran mempunyai tugas sebagai berikut : 

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Anggaran;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Anggaran;

c.  Menyiapkan, menyusun data keuangan untuk keperluan penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Perusahaan (RKAP) dan Proyeksi/perencanaan keuangan perusahaan baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang;

d.  Memonitor pengelolaan, pelaksanaan penggunaan anggaran (RKAP) dan pengendaliannya;

e.  Melaksanakan kegiatan verifikasi data entry keuangan, meliputi ;

1. Melaksanakan verifikasi atas pembukuan penerimaan, pengeluaran, hutang, piutang, stock, aktiva, pajak dan transaksi lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

2. Melaksanakan verifikasi atas laporan keuangan dan laporan pendukung;

3. Melaksanakan verifikasi atas surat perintah membayar;

4. Melaksanakan verifikasi atas pencatatan dalam buku besar dan buku pembantu;

f.   Melaksanakan analisa dan evaluasi anggaran baik secara triwulan, semester dan tahunan;

g.  Melaksanakan pemantauan dan pengecekan realisasi anggaran termasuk usulan pencatatan perubahan anggaran menurut mata anggaran yang telah disyahkan;

h.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Anggaran;

i.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Anggaran;

j.   Menyampaikan laporan bulanan Seksi Anggaran kepada Kepala Bidang Keuangan;

k.  Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

l.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(3) Seksi Pembukuan mempunyai tugas sebagai berikut :        

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Pembukuan;

b.  Menyusun program dan rencana kerja Seksi Pembukuan;

c.  Melaksanakan kegiatan penyusunan laporan keuangan yang meliputi ;

1. Melaksanakan pelaporan pembukuan penerimaan, pengeluaran, hutang, piutang, stock, aktiva, pajak dan transaksi lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

2. Menerbitkan surat perintah membayar dan  voucher;

3. Melaksanakan pencatatan transaksi keuangan (jurnal), buku besar dan buku pembantu;

4. Menyusun laporan keuangan yang meliputi Neraca, Laba/Rugi dan Arus Cash (Cash Flow) beserta laporan pendukungnya.     

d.  Melaksanakan rekonsiliasi antara sistim informasi keuangan dengan sistim informasi logistik serta melakukan pengawasan akuntansi hutang pihak ketiga;

e.  Melaksanakan pengelolaan operasi sistim informasi manajemen keuangan sesuai dengan SAK ETAP dan atau disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku;

f.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Pembukuan;

g.  Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Pembukuan;

h.  Menyampaikan laporan bulanan Seksi Pembukuan kepada Kepala Bidang Keuangan;

i.   Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

j.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(4) Seksi Kas mempunyai tugas sebagai berikut :  

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Kas;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Kas;

c.  Menerima  pembayaran tagihan rekening air minum dan limbah serta pembayaran non air;

d.  Meneliti kebenaran dokumen dan fisik penerimaan pembayaran tagihan rekening air minum dan limbah serta pembayaran non air;

e.  Melaksanakan pengecekan tagihan operasional perusahaan termasuk pajak-pajak dan pembayaran yang berhubungan dengan penerimaan penghasilan pegawai;

f.   Melaksanakan pemotongan pinjaman pegawai baik yang pinjam melalui Koperasi maupun pinjaman melalui lembaga perbankan lainnya;

g.  Melaksanakan kegiatan pengelolaan kas kecil;

h.  Melaksanakan penyetoran dan pengambilan uang ke bank yang ditunjuk;

i.   Melaksanakan penyusunan laporan harian penerimaan dan pengeluaran kas termasuk melakukan rekonsiliasi bank;

j.   Melaksanakan penyimpanan surat-surat berharga milik Perumda Air Minum Kota Surakarta;

k.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Kas;

l.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Kas;

m. Menyampaikan laporan bulanan Seksi Kas kepada Kepala Bidang Keuangan;

n.  Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

o.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(5) Seksi Rekening mempunyai tugas sebagai berikut :  

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Rekening;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Rekening;

c.  Mengolah data hasil pembacaan meter air;

d.  Melaksanakan pemantauan dan pengecekan rekening langganan air minum dan limbah;

e.  Mengelola, mengatur serta melaksanakan pembuatan, pencetakan rekening langganan air minum dan rekening limbah;

f.   Melaksanakan penyesuaian stand meter sebelum DRD dan pencetakan rekening khusus air minum maupun limbah;

g.  Menertibkan data hasil bacaan meter yang kurang jelas/tidak akurat untuk dicek ulang;

h.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Rekening;

i.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Rekening;

j.   Menyampaikan laporan bulanan Seksi Rekening kepada Kepala Bidang Keuangan;

k.  Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

k.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(6) Urusan Perencanaan Keuangan mempunyai tugas sebagai berikut :    

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Perencanaan Keuangan;

b.  Menyusun program dan rencana kerja Urusan Perencanaan Keuangan;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan petugas Perencanaan Keuangan;

d.  Menyusun Perencanaan/Proyeksi Keuangan sesuai dengan Kebutuhan Perumda Air Minum Kota Surakarta baik jangka pendek, jangka menegah dan jangka panjang.

e.  Melakukan analisa Kebutuhan Pendanaan / Invsetasi Perumda Air Minum Kota Surakarta;

f    Melaksanakan penyusunan proyeksi keuangan yang meliputi proyeksi Laba Rugi, Investasi, Arus Kas dan Proyeksi Neraca;

g.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Perencanaan Keuangan;

h.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Perencanaan Keuangan;

i.   Menyampaikan laporan Bulanan Urusan Perencaaan Keuangan kepada Kepala Seksi Anggaran;

j.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

k.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

(7) Urusan Verifikasi mempunyai tugas sebagai berikut :        

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Verifikasi;

b.  Menyusun program dan rencana kerja Urusan Verifikasi;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan petugas Verifikasi;

d.  Melaksanakan verifikasi transaksi keuangan sebelum di buatkan surat perintah membayar (Vouher); dan Verifikasi atas pembukuan pendapatan, biaya penerimaan, pengeluaran, dan perpajakan;

e.  Melaksanakan verifikasi pengajuan tagihan operasional perusahaan beserta dokumen pendukungnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

f.   Melaksanakan verifikasi atas surat perintah membayar, pencatatan dalam buku besar dan buku pembantu;

g.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Verifikasi;

h.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Verifikasi;

i.   Menyampaikan laporan Bulanan Urusan Verifikasi kepada Kepala Seksi Anggaran;

j.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

k.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan bidang terkait untuk kelancaran tugas.

(8) Urusan Perpajakan mempunyai tugas sebagai berikut :     

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Perpajakan;

b.  Menyusun program dan rencana kerja Urusan Perpajakan;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Perpajakan;

d.  Melaksanakan inventarisasi perhitungan, pemeriksaan serta penetapan seluruh pajak terhutang perusahan;

e.  Melakukan pelaporan pajak ke Kantor Pelayanan Pajak;

f.   Menyusun laporan perpajakan Perusahaan serta laporan pedukung lainnya;

g.  Melakukan verifikasi dan rekonsiliasi PPn, PPh dan PBB yang harus di bayar oleh Perusahaan ;

h.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Perpajakan;

i.   Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Perpajakan;

j.   Menyampaikan laporan Bulanan Urusan Perpajakan kepada Kepala Seksi Pembukuan;

k.  Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

l.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.

(9) Urusan Pelaporan mempunyai tugas sebagai berikut :       

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Pelaporan;

b.  Menyusun program dan rencana kerja Urusan Pelaporan;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan pelaporan;

d.  Melaksanakan pencatatan transaksi baik yang menyangkut pendapatan, biaya penerimaan, pengeluaran, perpajakan, aktiva, pasiva dan transaksi keuangan lainya termasuk pencatatan dalam buku besar dan buku pembantu beserta koreksi;

e.  Menyusun laporan keuangan dan laporan pedukungnya;

f.   Menerbitkan/menyiapkan surat perintah membayar / voucher;

g.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Pelaporan;

h.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Pelaporan;

i.   Menyampaikan laporan Bulanan Urusan Pelapora kepada Kepala Seksi Pembukuan;

j.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

k.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.

(10) Urusan Kas Mobile, dan PPOB mempunyai tugas sebagai berikut :

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Kas Mobile dan PPOB;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Urusan Kas Mobile, Kas dan PPOB;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Kas Mobile dan PPOB;

d.  Menerima dan menyerahkan pembayaran tagihan rekening air dan non air serta limbah  termasuk menerima pembayaran tunggakan langganan rekening air minum dan limbah;

e.  Mencetak laporan pembayaran langganan rekening air minum dan limbah beserta tunggakan langganan air minum dan limbah;

f.   Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Kas Mobile dan PPOB;

g.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Kas Mobile dan PPOB;

h.  Menyampaikan laporan Bulanan Urusan Kas mobile dan PPOB kepada Kepala Seksi Kas;

i.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

j.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.

(11) Urusan Kas Luar Kota, Sumber dan Kleco mempunyai tugas sebagai berikut : 

a. Melaksanakan administrasi di Urusan Kas Luar Kota, Sumber dan Kleco;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Urusan Kas Luar Kota, Sumber dan Kleco;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Kas Luar Kota, Sumber dan Kleco;

d.  Menerima dan menyerahkan pembayaran tagihan rekening air dan non air serta limbah  termasuk menerima pembayaran tunggakan langganan rekening air minum dan limbah;

e.  Mencetak laporan pembayaran langganan rekening air minum dan limbah beserta tunggakan langganan air minum dan limbah;

f.   Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Kas Luar Kota, Sumber dan Kleco;

g.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Kas Luar Kota, Sumber dan Kleco;

h.  Menyampaikan laporan Bulanan Urusan Kas Luar Kota, Sumber dan Kleco kepada Kepala Seksi Kas;

i.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

j.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.