Bidang Aset

(1) Bidang Aset mempunyai tugas sebagai berikut :        

a.  Melaksanakan administrasi di Bidang Aset;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Bidang Aset;

c.  Melaksanakan pembinaan organisasi dan tata laksana Seksi Perawatan Aset, Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset, Seksi Pengembangan Usaha dan Seksi Logistik;

d.  Melaksanakan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Seksi Perawatan Aset, Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset, Seksi Pengembangan Usaha dan Seksi Logistik;

e.  Mengkoordinir, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan  Seksi Perawatan Aset, Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset, Seksi Pengembangan Usaha dan Seksi Logistik;

f.   Melakukan kajian dan mengusulkan pola kerjasama dilingkungan bidang Aset dengan pihak ketiga kepada Direksi Perumda Air Minum Kota Surakarta;

g.  Melakukan kajian dan mengusulkan penghapusan barang inventaris perusahaan;

h.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Bidang Aset;

i.   Mengatur penggunaan aset gedung kantor, kendaraan dinas dan pelatan kantor lainnya untuk kegiatan kantor;

j.   Menyusun dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

k.  Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Bidang Aset;

l.   Menyampaikan laporan bulanan Bidang Aset  kepada Direktur Umum;

m. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Bidang terkait untuk kelancaran tugas.

(2) Seksi Perawatan Aset mempunyai tugas sebagai berikut :   

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Perawatan Aset ;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Perawatan Aset;

c.  Melaksanakan administrasi, perawatan/pemeliharaan dan perbaikan bangunan gedung, kendaraan termasuk hydrant umum dan pertamanan;

d.  Menjaga kelancaran dan berfungsinya operasional kendaraan dinas termasuk pengaturan BBM;

e.  Melaksanakan pengecekan secara rutin atau berkala terhadap bangunan, kendaraan operasional termasuk taman dan kebutuhan listrik gedung;

f.   Melaksanakan pengendalian penggunaan peralatan dan perlengkapan kantor, pemeliharaan barang inventaris, penggunaan sparepart/material agar dapat ekonomis efektif dan efisien;

g.  Menyampaikan usulan atas pemanfaatan asset perusahaan antara lain gedung kantor, kendaraan dan peralatan/perlengkapan kantor;

h.  Menerima barang-barang inventaris berupa kendaraan,  peralatan dan perlengkapan kantor termasuk mesin pompa yang sudah tidak produktif dari bidang terkait;

i.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Perawatan Aset;

j.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Perawatan Aset;

k.  Menyampaikan laporan bulanan Seksi Perawatan Aset kepada Kepala Bidang Aset;

l.   Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

m. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnyadan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(3) Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset mempunyai tugas sebagai berikut : 

a. Melaksanakan administrasi di Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset;

c.  Melakukan penyusunan, pendataan/inventarisasi seluruh aset perusahaan termasuk aset dalam penyelesaian kedalam program manajemen aset;

d.  Melaksanakan pencatatan dan perhitungan penambahan Aset perusahaan yang dapat disusutkan berdasarkan kelompok umur teknis, jenis barang (mesin pompa, meter air barang inventaris / perlengkapan dan peralatan kantor serta bangunan);

e.  Melakukan pencatatan aset yang tidak produktif untuk diusulkan penghapusannya;

f.   Melaksanakan monitoring terhadap penggunaan aset perusahaan;

g.  Melaksanakan kegiatan administrasi pencatatan, penerimaan aset secara komputerisasi/tersistem;

h   Mengusulkan pengadaan aset baru;

i.   Mengusulkan penghapusan aset perusahaan;

j.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi  Administrasi dan Pengendalian Aset;

k.  Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset;

l.   Menyampaikan laporan bulanan Seksi Administrasi dan Pengendalian Aset kepada Kepala Bidang Aset;

m. Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

n.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Sidang terkait untuk kelancaran tugas.

(4)  Unit Pengembangan Usaha mempunyai tugas sebagai berikut :  

a.  Melaksanakan administrasi di Unit Pengembangan Usaha;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Unit Pengembangan Usaha;

c.  Melaksanakan pemasaran dan promosi Kolam Renang Tirtomoyo dan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) serta Penjualan air melalui tangki baik melalui Kran Umum maupun Hydrant Umum;

d.  Melaksanakan pengujian air minum isi ulang dan air minum dalam kemasan ke laboratorium;

e.  Menjaga keamanan, ketertiban, kenyamanan dan kebersihan Kolam Renang Tirtomoyo dan lingkungannya;

f.   Menjaga keselamatan pengunjung / perenang dan mempersiapkan tenaga dan peralatan SAR;

g.  Menjaga kondisi kualitas air Kolam Renang Tirtomoyo;

h.  Melaksanakan pembinaan pegawai di lingkungan Unit Pengembangan Usaha;

i.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Unit Pengembangan Usaha;

j.   Menyampaikan laporan bulanan Unit Pengembangan Usaha kepada Kepala Bidang Aset;

k.  Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

l.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas;

(5) Seksi Logistik mempunyai tugas sebagai berikut :     

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Logistik;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Logistik;

c.  Melaksanakan kegiatan penerimaan, penyimpanan, pengeluaran/pendistribusian barang logistik kepada Bidang/Seksi yang membutuhkan;

d.  Melaksanakan perhitungan kebutuhan persediaan minimum dan mengajukan usulan permintaan barang sesuai dengan kebutuhan;

e.  Melaksanakan kegiatan administrasi pencatatan, penerimaan, dan pengeluaran barang di kartu stok dan tersistem di komputer;

f.   Melaksanakan opname barang logistik secara berkala dan tahunan serta mencocokan catatan dengan administrasi di Seksi pembukuan;

g.  Melaksanakan pemeliharaan dan pengamanan barang logistik;

h.  Menerima barang bekas berupa Meter air bekas, pipa dan asesoris;

i.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi  Logistik;

j.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Logistik;

k.  Menyampaikan laporan bulanan Seksi Logistik kepada Kepala Bidang Umum;

l.   Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

m. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnyadan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

 (6) Urusan Perawatan Gedung mempunyai tugas sebagai berikut :  

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Perawatan Gedung;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Urusan Perawatan Gedung;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Perawatan Gedung;

d.  Melaksanakan pengecekan dan Perawatan gedung dan fasilitasnya sesuai dengan jadwal yang telah disusun;

e. Melaksanakan persiapan dan pengaturan pekerjaan Perawatan gedung dan bangunan serta pertamanan;

f.   Mengatur penggunaan fasilitas gedung;     

g.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Perawatan Gedung;

h.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Perawatan Gedung;

i.   Menyampaikan laporan Bulanan Urusan Perawatan Gedung kepada Kepala Seksi Perawatan Aset;

j.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

l.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.

(7)  Urusan Perawatan kendaraan mempunyai tugas sebagai berikut :        

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Perawatan Kendaraan;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Urusan Perawatan Kendaraan;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Perawatan Kendaraan;

d.  Melaksanakan pengecekan, perawatan kendaraan dan perlengkapannya sesuai dengan jadwal yang telah disusun;

e.  Pengurusan kelengkapan surat-surat kendaraan dinas;

f.  Pengelolaan bahan bakar minyak kendaraan dinas;

g.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Perawatan Kendaraan;

h.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Perawatan Kendaraan;

i.   Menyampaikan laporan bulanan Urusan Perawatan Kendaraan kepada Kepala Seksi Perawatan Aset;

j.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

k.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.

(8)  Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan mempunyai tugas sebagai berikut : 

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

d.  Melaksanakan promosi dan pemasaran Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

e.  Menyewakan peralatan dan perlengkapan renang;

f.   Menjaga keamanan, ketertiban, keselamatan, kenyamanan pengunjung dan perenang serta menjaga kebersihan lingkungan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

g.  Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan kerusakan bangunan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

h.  Menjaga kondisi dan kualitas air Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

i.   Mempersiapkan tenaga dan peralatan pertolongan;

j.   Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

k.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan;

l.   Menyampaikan laporan bulanan Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Manahan kepada Kepala Seksi Pengembangan Usaha;

m. Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

n.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.

(9)  Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres mempunyai tugas sebagai berikut : 

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

d.  Melaksanakan promosi dan pemasaran Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

e.  Menyewakan peralatan dan perlengkapan renang;

f.   Menjaga keamanan, ketertiban, keselamatan, kenyamanan pengunjung dan perenang serta menjaga kebersihan lingkungan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

g.  Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan kerusakan bangunan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

h.  Menjaga kondisi dan kualitas air Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

i.   Mempersiapkan tenaga dan peralatan pertolongan;

j.  Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

k.  Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres;

l.   Menyampaikan laporan bulanan Urusan Kolam Renang Tirtomoyo Jebres kepada Kepala Seksi Pengembangan Usaha;

m. Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

n.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.

(10)Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki mempunyai tugas sebagai berikut:

a.  Melaksanakan administrasi di Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

c.  Mengkoordinir, memonitor hasil kegiatan pegawai di Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

d.  Melaksanakan promosi dan pemasaran Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

e.  Melaksanakan kegiatan proses produksi Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK);

f.   Menyiapkan tempat penjualan air melalui tangki;

g.  Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan peralatan yang berhubungan dengan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

h.  Menjaga kondisi dan kualitas Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

i.   Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

j.   Bertanggungjawab atas barang inventaris di lingkungan Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki;

k.  Menyampaikan laporan bulanan Urusan Air Minum Isi Ulang, Air Minum Dalam Kemasan (AMIU/AMDK) dan Tangki kepada Kepala Seksi Pengembangan Usaha;

l.   Melaksanakan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

m. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan sesuai dengan lingkup tugasnya.