Bidang Limbah

(1)  Bidang Limbah mempunyai tugas sebagai berikut : 

a.  Melaksanakan administrasi di Bidang Limbah;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Bidang Limbah;

c.  Melaksanakan pembinaan organisasi dan tata laksana Seksi Instalasi Limbah,  Seksi Instalasi Pengolahan Limbah dan Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal;

d.  Melaksanakan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Seksi Instalasi Limbah,  Seksi Instalasi Pengolahan Limbah dan Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal;

e.  Mengkoordinir, mengawasi dan mengevaluasi kegiatan  Seksi Instalasi Limbah,  Seksi Instalasi Pengolahan Limbah dan Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal;

f.   Mengusulkan pengembangan dan rehabilitasi jaringan limbah;

g.  Mengusulkan perubahan tarif limbah;

h.  Melaksanakan pemeliharaan jaringan limbah;

i.   Melakukan kajian dan mengusulkan pola kerjasama dilingkungan Bidang Limbah dengan pihak ketiga kepada Direksi Perumda Air Minum Kota Surakarta;

j.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Bidang Limbah;

k.  Menyusun dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

l.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Bidang Limbah;

m. Menyampaikan laporan bulanan Bidang Limbah kepada Direktur Teknik;

n.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Bidang terkait untuk kelancaran tugas.

(2)  Seksi Instalasi Limbah mempunyai tugas sebagai berikut :

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Instalasi Limbah;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Instalasi Limbah;

c.  Melaksanakan penyambungan dan pemutusan instalasi limbah;

d.  Melaksanakan pengoperasian serta menjamin kelancaran dan berfungsinya instalasi limbah;

e.  Melaksanakan pemantauan dan pengecekan pemeliharaan instalasi limbah antara lain bangunan, pompa, sipon;

f.   Melaksanakan pengembangan instalasi limbah;

g.  Melaksanakan pemasangan sambungan baru limbah;

h.  Melaksanakan pengelolaan perlengkapan dan peralatan teknik instalasi limbah;

i.   Melaksanakan pengendalian kebocoran pada instalasi limbah;

j.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Instalasi Limbah;

k.  Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Instalasi Limbah;

l.   Menyampaikan laporan bulanan  Seksi Instalasi Limbah kepada Kepala Bidang Limbah;

m. Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

n.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(3)  Seksi Instalasi Pengolahan Limbah mempunyai tugas sebagai berikut :

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Instalasi Pengolahan Limbah;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Instalasi Pengolahan Limbah;

c.  Melaksanakan pengoperasian, pemantauan, pengecekan proses pengolahan IPAL;

d.  Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan kerusakan pada IPAL berserta perlengkapannya;

e.  Melaksanakan pengelolaan perlengkapan / alat2 teknik pada IPAL;

f.   Mengendalikan pencemaran limbah;

g.  Menjamin kualitas hasil pengolahan;

h.  Melaksanakan pengendalian kebocoran pada IPAL;

i.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Instalasi Pengolahan Limbah;

j.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Instlasi Pengolahan Air;

k.  Menyampaikan laporan bulanan Seksi Instalasi Pengolahan Air Limbah kepada Kepala Bidang Limbah;

l.   Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

m. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(4)  Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal mempunyai tugas sebagai berikut :        

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal;

c.  Melaksanakan kegiatan operasional pengolahan lumpur tinja dan layanan lumpur tinja terjadwal serta Layanan lumpur tinja tidak terjadwal;

d.  Melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan kerusakan pada IPLT dan melaksanakan pemantauan serta pengecekan terhadap  proses pengolahan lumpur tinja;

e.  Melaksanakan pengelolaan perlengkapan / alat2 teknik pada IPLT;

f.   Melaksanakan pengendalian kebocoran pada IPLT;

g.  Melaksanakan pemantauan terhadap operator layanan lumpur tinja terjadwal dan layanan lumpur tinja tidak terjadwal;

h.  Melakukan identifikasi, verifikasi serta pengesahan hasil verifikasi calon pelanggan layanan lumpur tinja terjadwal;

i.   Melakukan penjadwalan layanan lumpur tinja terjadwal;

j.   Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan instalasi pengolahan lumpur tinja, layanan lumpur tinja terjadwal serta layanan lumpur tinja tidak terjadwal;

k.  mengusulkan perubahan data pelanggan;

l.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal;

m. Menyampaikan laporan Bulanan Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal kepada Kepala Bidang Limbah;

n.  Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja, Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal;

o.  Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

p.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.