Perencanaan dan Pengembangan

(1)  Bidang Perencanaan dan Pengembangan mempunyai tugas sebagai berikut : 

a.  Melaksanakan administrasi di Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

c.  Melaksanakan pembinaan organisasi dan tata laksana Seksi Perencanaan, Seksi Penelitian dan Pengembangan, Seksi Pengawas Teknik, Seksi Teknologi Sistem Informasi;

d.  Melaksanakan Penyusunan Pedoman dan Petunjuk Teknis Seksi Perencanaan, Seksi Penelitian dan Pengembangan, Seksi Pengawas Teknik, Seksi Teknologi Sistem Informasi;

e.  Mengkoordinir, Mengawasi dan mengevaluasi kegiatan Seksi Perencanaan, Seksi Penelitian dan Pengembangan, Seksi Pengawas Teknik, Seksi Teknologi Sistem Informasi;

f.   Melaksanakan penilaian kondisi sistim penyediaan air bersih yang ada saat ini secara fisik dan memproyeksikan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa mendatang;

g.  Menyusun dan mengusulkan spesifikasi teknik dan standar satuan harga;

h.  Melakukan kajian dan mengusulkan pola kerjasama dilingkungan bidang Perencanaan dan Pengembangan dengan pihak ketiga kepada Direksi Perumda Air Minum Kota Surakarta;

i    Merumuskan dan mengusulkan program kegiatan   pengembangan mengenai  satuan bisnis unit usaha Perusahaan;

j.   Melaksanakan pembinaan pegawai dilingkungan Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

k.  Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

l.   Menyampaikan laporan bulanan Bidang Perencanaan dan Pengembangan kepada Direktur Teknik;

m. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan dan berkoordinasi dengan bidang terkait.

n.  Menyusun dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

o.  Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Bidang terkait untuk kelancaran tugas.

(2)  Seksi Perencanaan mempunyai tugas sebagai berikut :      

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Perencanaan;

b.  Menyusun program dan rencana kerja Seksi Perencanaan;

c.  Melaksanakan survey dan pengukuran atas usulan bidang terkait;

d.  Membuat gambar serta menyusun anggaran biaya dan jadwal pelaksanaan dalam rangka perencanaan bidang terkait;

e.  Menentukan penggunaan peralatan yang paling sesuai ditinjau dari segi kualitas, standard dan harga dalam rangka perencana perencanaan bidang terkait;

f.   Membuat, memelihara, menyimpan dan menggandakan gambar perencanaan bidang terkait;

g.  Melaksanakan perencanaan pemasangan sambungan baru air minum dan limbah;

h.  Melaksanakan pembinaan pegawai dilngkungan Seksi Perencanaan;

i.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Perencanaan;

j.   Menyampaikan laporan bulanan Seksi Perencanaan kepada Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

k.  Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP);

l.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnyadan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(3)  Seksi Penelitian dan Pengembangan mempunyai tugas sebagai berikut :     

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Penelitian dan Pengembangan;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Penelitian dan Pengembangan;

c.  Melaksanakan analisa, evaluasi dan kajian di bidang administrasi & keuangan dan bidang teknik;

d.  Melakukan kajian program pengembangan perusahaan jangka menengah dan jangka panjang;

e. Melakukan kajian tarif air minum dan limbah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

f.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Penelitian dan Pengembangan;

g.  Menyampaikan laporan bulanan Seksi Penelitian dan Pengembangan kepada Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

h.  Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Penelitian dan Pengembangan;

i.   Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi (SOP) Prosedur yang telah ditetapkan;

j.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.   

(4)  Seksi Pengawasan Pekerjaan Teknik mempunyai tugas sebagai berikut :     

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Pengawasan Pekerjaan Teknik;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Pengawasan Pekerjaan Teknik;

c.  Melakukan pengawasan terhadap pekerjaan teknik

d.  Memberikan teguran dan koreksi terhadap pelaksana pekerjaan yang tidak sesuai dengan perencanaan

e.  Membuat berita acara dan melaporkan hasil pengawasan;

f.   Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Pengawas Pekerjaan Teknik

g.  Menyampaikan laporan bulanan Seksi Pengawasan Pekerjaan Teknik kepada Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

h.  Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Pengawasan Pekerjaan Teknik;

i.   Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

j.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.

(5)  Seksi Teknologi Sistem Informasi mempunyai tugas sebagai berikut :  

a.  Melaksanakan administrasi di Seksi Teknologi Sistem Informasi;

b.  Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Seksi Teknologi Sistem Informasi;

c.  Melaksanakan dan mengembangkan teknologi sistem informasi;

d.  Melakukan evaluasi dan analisa terhadap teknologi sistem informasi;

e.  Melaksanakan pusat pengolahan data elektronik perusahaan

f.   Melaksanakan perubahan dan penyusunan data pelanggan;

g.  Melaksanakan pemantauan dan pengecekan teknologi sistem informasi;

h.  Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Seksi Teknologi Sistem Informasi;

i.   Menyampaikan laporan bulanan Seksi Teknologi Sistem Informasi kepada Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan;

j.   Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Seksi Teknologi Sistem Informasi;

k.  Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan;

l.   Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya dan berkoordinasi dengan Seksi terkait untuk kelancaran tugas.