Unit Perusahaan

Unit Hukum, Kelembagaan dan Kerjasama mempunyai tugas sebagai berikut :

a. melaksanakan administrasi Unit Hukum, Kelembagaan dan Kerjasama;

b. menyusun program dan rencana kerja Unit Hukum, Kelembagaan dan Kerjasama;'

c. melaksanakan kegiatan hukum, yaitu :

-   merumuskan kebijakan secara hukum mengenai tindakan mengelola perusahaan;

-   memberikan pertimbangan, pandangan, pendapat, masukan dan saran serta bantuan hukum perusahaan atas masalah hukum dan cara penyetesaian permasalahan hukum termasuk mewakili perusahaan baik di dalam maupun di luar pengadilan apabila terjadi sengketa hukum;

-   merancang, membuat dan menyusun aturan hukum perusahaan serta mengubah dan mengganti dalam rangka menyempurnakan aturan hukum perusahaan;                                               

-   mengevaluasi dan menganalisa aturan hukum;

-   mendokumentasikan dan mempublikasikan aturan hukum perusahaan;

d. melaksanakan kegiatan kelembagaan, yaitu :

-   melaksanakan penataan kelembagaan;

-   metaksanakan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan, ketatalaksanaan dan pendayagunaan kelembagaan;

-   menyelenggarakan anatisa jabatan dan kelembagaan;

e. melaksanakan kegiatan kerjasama, yaitu :

- merancang dan menyusun agenda kerjasama;

- menyelenggarakan kerjasama;

- mengevaluasi dan menganalisa kerjasama;

f. melaksanakan kegiatan kerjasama, yaitu :

Unit Teknologi Sistem Informasi mempunyai tugas sebagai berikut :

a.      metaksanakan administrasi Unit Teknologi Sistem Informasi;

b.      menyusun program dan rencana kerja Unit Teknologi Sistem Informasi;

c.       melaksanakan teknofogi sistem informasi;

d.      melaksanakan evaluasi dan analisa terhadap teknologi sistem informasi;

e.      melaksanakan pusat pengolahan data elektronik perusahaan;

f.        melaksanakan pembaharuan teknologi sistem infonnasi;

g.      melaksanakan pemantauan dan pengecekan teknologi sistem informasi;

h.      melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain.

Unit Laboratorium mempunyai tugas sebagai berikut :

a. melaksanakan administrasi Unit Laboratorium;

b. menyusun program dan rencana kerja Unit Laboratorium;

c. melaksanakan pemantauan dan pengecekan kualitas air minum dan limbah cair;

d. melaksanakan pemeriksaan pencemaran air minum dan limbah cair;

e. melaksanakan analisa terhadap air minum dan limbah cair;

f. melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain.

Unit Layanan Pengadaan mempunyai tugas sebagai berikut :  

a. Melaksanakan administrasi di Unit Layanan Pengadaan;

b. Melaksanakan penyusunan program dan rencana kerja Unit Layanan Pengadaan;

c. Mengkaji ulang rencana umum pengadaan barang/jasa bersama PPK;

d. Menyusun rencana pemilihan penyedia barang/jasa;

e. Mengumumkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa di website Kementerian dan papan pengumuman resmi untuk masyarakat, serta menyampaikan ke LPSE untuk diumumkan pada Portal Pengadaan Nasional;

f. Menilai kualifikasi penyedia barang/jasa melalui prakualifikasi atau pascakualifikasi;

g. Melakukan evaluai administrasi, teknis, dan harga terhadap penawaran yang masuk;

h. Menjawab sanggahan;

i. Menyampaikan hasil pemilihan dan menyerahkan salinan dokumen pemilihan penyedia barang/jasa kepada PPK;

j. Menyimpan dokumen asli pemilihan penyedia barang/jasa;

k. Mengusulkan perubahan Harga Perkiraan Sendiri, KAK/Spesifikasi Teknis, dan Rancangan Kontrak kepada PPK berdasarkan atas usulan Pokja ULP;

l.  Membuat laporan mengenai proses dan hasil pengadaan;

m.Memberikan pertanggungjawaban atas pelaksanaan kegiatan Pengadaan Barang/Jasa kepada KPA;

n. Menyusun dan melaksanakan strategi Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan ULP;

o. Melaksanakan pengadaaan barang/jasa dengan menggunakan sistem pengadaan secara elektronik melalui LPSE;

p. Melaksanakan evaluasi terhadap proses pengadaan barang/jasa yang telah dilaksanakan;

q. Bertanggung jawab atas barang inventaris dilingkungan Unit Layanan Pengadaan;

r. Menyampaikan laporan Bulanan Unit Layanan Pengadaan kepada Direktur Utama;

s. Melaksanakan Pembinaan pegawai dilingkungan Unit Layanan Pengadaan;

t. Melaksanakan dan mengevaluasi Standar Operasi Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan

u. Melaksanakan tugas tambahan yang diberikan atasan sesuai dengan ruang lingkup tugasnya.